Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Sabtu, 21 Mei 2016

Audiensi, Tanyakan Kejelasan Dana IKOMA

Kabar kampus- Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) kemarin kamis (20/05) mengadakan audiensi mengenai kebijakan IKOMA yang diterapkan di FIP. Audiensi yang bertempat di Aula RKB D ini dimulai pukul 13.00 WIB. IKOMA sendiri merupakan Ikatan Orang Tua Mahasiswa yang disepakati adanya sejak November 2015. IKOMA ini merupakan bukti adanya partisipasi yang diberikan oleh wali mahasiswa. Nantinya dana dari IKOMA sendiri dapat digunakan untuk beberapa hal salah satunya sebagai beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu atau mahasiswa berpresatasi.

Audiensi kali ini dihadiri oleh Dekan FIP, Pembina dari setiap HMP, Komite, Bendahara Fakultas dan seluruh perwakilan badan kelengkapan FIP. Audiensi kali ini memang menitik beratkan pada IKOMA yang dihasilkan dari rapat wali mahasiswa tahun 2015 lalu. Semua perwakilan mahasiswa tersebut sepakat diadakan Ikatan Orang Tua Mahasiswa. Audiensi kali ini memperjelas kembali penetapan pembayaran dana IKOMA sebesar lima puluh ribu rupiah. Untuk pemabayarannya sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, pertama pembayaran dilakukan dimuka sebesar empat ratus ribu rupiah dengan perincian 50x8 semster. Kedua, yaitu dengan cara pembayaran tiap semeter sebesar lima puluh ribu rupiah sampai mahasiswa tersebut lulus kuliah.

Dana IKOMA sendiri nantinya akan digunakan untuk anggaran perlombaaan mewakili Fakultas, beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu, mahasiswa yang berpresatasi, serta dapat digunakan sebagai pelengkap sarana dan prasarana HMP atau BEM. Untuk akses dana dari IKOMA sendiri disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa saat mengikuti perlombaan yang mewakili Fakultas FIP baik tingkat Regional maupun Nasional. Namun pengaksesan dana IKOMA tersebut, memang lebih dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi yang belum tergabung dalam jajaran BEM atau HMP.

Dana IKOMA sendiri 25% dianggarkan untuk beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu yang dapat digunakan pada saat magang atau PKL, seperti madura pintar. Sistematika dari pengaksesan dana tersebut adalah menyetorkan surat undangan bagi partisipan acara, namun bagi mahasiswa yang mengikuti kompetisi harus melampirkan proposal dan laporan pertanggung jawaban setelah kegiatan kompetisi tersebut selesai.


Selain itu audiensi kali ini juga membahas beberapa permasalahan yang ada di badan kelengkapan serta sarana dan prasarana di RKB D. Permasalahan tersebut adalah pemasangan wifi di sekret, keberadaan tempat sampah, kursi tunggu, proyektor dan beberapa permasalahn lain. “Saya berharap supaya kegiatan IKOMA kali ini digunakan untuk kelancaran kegiatan kemahasiswaan di FIP serta semua fasilitas di badan kelengkapan dan perkuliahan dapat ditanggulangi” ucap Huda selaku ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FIP. (Rin,Yog)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm