Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar FIP Universitas Trunojoyo Madura

Sabtu, 27 Agustus 2016

Menanggapi Ketidakjelasan IKOMA



Kabar Kampus – Ikatan Orangtua Mahasiswa (IKOMA) merupakan program bantuan pembiayaan oleh seluruh orangtua mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Program ini diketuai oleh orangtua mahasiswa, dengan dikawal oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Program ini diadakan demi meningkatkan kualitas sarana-prasarana FIP, beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu, dan mahasiswa berprestasi. Sayangnya, pada awal penyelenggaraan, IKOMA tidak berjalan dengan lancar.
Hal itu diungkapkan oleh Dekan FIP, Sulaiman, pada 26 Agustus 2016 kepada LPM Sinar. “Mahasiswa baru banyak yang belum membayar IKOMA. Hampir 90% belum ada yang bayar.”
Menurut penuturan Gubernur FIP, Khoirul Huda, penyebab banyaknya Mahasiswa Baru (MABA) tidak membayar IKOMA dikarenakan beban UKT terlalu tinggi. “Untuk MABA Angkatan 2015 juga sudah pernah dikumpulkan dalam forum. Dari 700 mahasiswa yang datang hanya sekitar 100-200 orangtua mahasiswa saja,” tambahnya.
Sementara itu, bagi MABA Angkatan 2016 sosialisasi telah dilaksanakan pada kegiatan POSTER FIP beberapa hari lalu. “Kemarin dapat selebaran IKOMA waktu daftar ulang,” kata seorang peserta POSTER, Afina, Pendidikan IPA.
Meski telah dilakukan sosialisasi, dana IKOMA MABA FIP 2016 belum ada sama sekali. “Untuk dana ORMABA dan POSTER rencananya meminjam dana IKOMA, setelah uang cair akan dikembalikan. Namun, setelah dicek ternyata dana IKOMA masih kosong,” kata Khoirul Huda.
Secara nominal dana IKOMA berjumlah minimal Rp400.000,00. Dana itu bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa tidak terkecuali mahasiswa bidikmisi. Dana IKOMA dapat diangsur kapanpun selama mahasiswa berstatus aktif.
Menanggapi permasalahan ini Gubernur FIP akan menyelenggarakan rapat bersama Dekan FIP terkait pengumpulan orangtua mahasiswa yang akan diselenggarakan demi keberlanjutan IKOMA. “Untuk pengumpulan orangtua kembali itupun membutuhkan konsumsi. Sampai saat ini belum ada uang untuk itu,” tandasnya. (Ria, Gih).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm