Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Minggu, 18 Desember 2016

Lewat Pagelaran Tari Mereka Berkarya dan Melestarikan Budaya

Pagelaran Tari PGSD 2015 (Yog)
Kabar kampus- Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pagi tadi menyelenggarakan acara pagelaran tari di Gedung Cakra minggu (18/12). Acara tersebut di mulai sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian agenda dalam perkuliahan pendidikan seni.

Pagelaran tari merupakan tugas akhir yang diberikan oleh Dosen pengampuh mata kuliah pendidikan seni. Setiap mahasiswa yang menempuh mata kuliah pendidikan seni wajib mengikuti acara pagelaran tari. Beragam penampilan tari disuguhkan dalam acara tersebut, ada 35 kelompok yang turut tampil mereka adalah mahasiswa PGSD angkatan 2015. Hadir juga komunitas tari  PGSD Sansekerta yang mengawali pembukaan pagelaran tari.

Dalam acara kali ini pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan pagelaran tari, Ada bazar kesenian dan kewirausahaan dari mahasiswa PGSD angkatan 2014 yang turut meramaikan acara. Sorak sorai penonton begitu bergemuru di Gedung Cakra setiap penampilan tari berlangsung.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya pagelaran tari untuk mahasiswa PGSD angkatan 2015 lebih terfokus pada bentuk tari  kreasi anak-anak yang bertema dan berkarakter, misalnya tema tentang tumbuhan, kebersihan, alam dan kehidupan sehari-hari yang relevan dengan kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013 di jenjang pendidikan sekolah dasar. Sedangkan untuk penampilan tari di tahun sebelumnya lebih kepada tari kreasi dan tari tradisional.

Rika Melyaning selaku Dosen pengampuh mata kuliah pendidikan seni, saat ditanyai perihal mengapa memilih penampilan tari sebagai tugas akhir. Menurutnya, mahasiswa PGSD harus mampu mengajarkan tari kepada peserta didik. Dikarenakan tari adalah salah satu mata pelajaran dalam seni dan berkarya di SD. Selain Itu Rika Melyaning menuturkan bahwa lewat pagelaran tari ini mahasiswa mampu berkarya serta merawat kekayaan budaya, khususnya tari.(Yog)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm