Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Rabu, 08 Maret 2017

Minim Persiapan: Pencoblosan Himapebsi



Pemilihan umum Himapebsi (Foto: Dok. Lpm Sinar)


WARTA SINAR – Pemilihan Umum Ketua Himapebsi (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura telah diselenggarakan pada Selasa (7/3) di area parkiran depan RKB-D (Ruang Kuliah Bersama-D). Pemilu ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Akan tetapi, dalam jadwal yang tertera di banner KPUM tertulis 07.00-14.00 WIB.

“Kami tidak bisa membuka sesi pemilu sebelum saksi dari para calon datang,” terang ketua KPUM, Ayu Puji Lestari.

Penyelenggaraan KPUM Himapebsi juga dilakukan tanpa banner penutup ruang pencoblosan. Akibatnya, kegiatan pencoblosan bisa dilihat oleh mahasiswa yang berada di luar area pemilihan.

Sementara itu, kendala lain juga ditemukan pada tata cara pencoblosan. Menurut penuturan Ayu, pencoblosan seharusnya dilakukan pada gambar kotak kecil. Akan tetapi, ditemukan 1 surat suara yang mengalami pencoblosan pada dua titik, yaitu di dalam dan di luar gambar kotak kecil. Permasalahan tersebut membuat KPUM Himapebsi ditunda hingga kedua calon ketua umum bertemu untuk dirapatkan.

Ayu memaparkan bahwa sosialisasi dari tim dirasa kurang. Menurutnya, faktor lain seperti kebingungan pemilih dalam mencoblos juga bisa menyebabkan pencoblosan surat suara dilakukan tidak sesuai dengan prosedur.

Tercatat jumlah surat suara yang disediakan oleh Himapebsi sebanyak 386. Dari jumlah tersebut, sekitar 243 surat suara digunakan dengan perincian 216 suara sah dan 25 suara tidak sah. Sementara sisa surat suara lainnya tidak terpakai. Hal itu dikarenakan sebagian mahasiswa PBSI tidak turut andil dalam pemilihan umum tersebut.

“Antusiasme angkatan 2013 kurang seluruhnya. Hanya beberapa mereka yang datang untuk memberikan hak suara,” ungkap Ayu.

Terlepas dari permasalahan itu, penyelenggaraan KPUM oleh Himapebsi menyiarkan hasil pemungutan suara. Hasil tersebut mengumumkan calon nomor urut satu, Hafid, sebagai Ketua Umum Himapebsi periode 2017-2018. (Gih/ Abd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm