Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Sabtu, 13 Mei 2017

Tingkatkan Pengetahuan Beasiswa Lewat Seminar




Ratna Dhian Noventy (kanan) dan Vien Ambarwati (kiri) mengisi materi (Foto: Dok. LPM Sinar)


WARTA SINAR – Sabtu (13/05) dilaksanakan seminar tentang beasiswa oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (UKM PENA) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), yang bekerja sama dengan Komunitas Media.

Seminar tersebut dimulai sekitar pukul 08.30 WIB hingga 13.00 WIB. Bertempat di Aula Gedung Rektorat UTM lantai 10. Dihadiri oleh 77 peserta dari berbagai jurusan dan fakultas.

“Untuk peserta memang rata-rata dari FIP karena panitia juga dari FIP. Dan mereka itu mengajak teman-temannya yang sejurusan. Namun ada juga peserta dari SMK Kamal. Untuk fakultas lain, dari Teknik juga ada yang mengikuti.” Tutur Qhoziah Alfiyatun selaku ketua pelaksana.

Pemateri seminar dengan tema “Meraih Mimpi, Beasiswa, dan Prestasi” ini didatangkan langsung dari alumni Universitas Brawijaya, yakni Ratna Dhian Noventy. Mahasiswa penerima beasiswa LPDP di Belanda tersebut mengisi materi bersama Juara 1 Mawapres UTM 2017, yakni Vien Ambarwati.

“Pemateri satu, yakni mbak Ratna itu, didatangkan oleh Media UTM. Sementara dari Pena sendiri sebetulnya ingin mengundang dosen. Namun karena berhalangan hadir jadi mengundang mbak Vien selaku juara satu Mawapres.” Lanjut mahasiswa jurusan PGSD tersebut.

Seminar ini dilaksanakan bertujuan agar mahasiswa UTM tidak hanya mengetahui beasiswa dari dalam kampus saja, tetapi juga beasiswa yang diadakan di luar kampus.

“Karena dilihat dari teman-teman mahasiswa lainnya. Ketika mendapat informasi beasiswa mereka masih terlihat ambigu, dan ragu-ragu mendaftar karena kurang arahan. Jadi semoga setelah mengikuti seminar ini, mereka lebih terarahkan lagi dalam mendafar beasiswa,” tambah mahasiswa yang akrab dipanggil Fiya tersebut.

Media UTM sendiri adalah komunitas di luar kampus yang baru terbentuk bulan September tahun 2016. Yakni sebuah komunitas yang bertujuan memberikan informasi-informasi seputar beasiswa, event-event, atau seminar. Agar mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura tidak hanya berkecimpung dengan kegiatan di dalam kampus saja, tetapi juga mengetahui kegiatan di luar kampus. Media UTM sendiri menyebarkan Good News yang ada di UTM, berisi informasi terkait prestasi-prestasi dan kegiatan bermanfaat yang diadakan di UTM ataupun di luar kampus.

Sebelumnya Media UTM sudah aktif mengadakan seminar-seminar, namun sifatnya daring (dalam jaringan/online), yakni diskusi di grup WhatsApp. Hal itu dikarenakan Media UTM adalah komunitas luar kampus, maka sedikit sulit untuk mengadakan seminar sendiri.

“Harapan setelah diadakannya seminar ini, semoga mahasiswa semakin termotivasi dan semangat melanjutkan S2 atau mencari beasiswa,” tutup mahasiswa asal Gresik tersebut. (ry/Aik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm