Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Senin, 16 Oktober 2017

Calon Dekan FIP Hanya Satu, Kenapa?


(Ketua Sidang, Ketua Panitia, beserta Dekan dan Wakil Dekan. Foto: Dok. LPM Sinar)

WARTA SINAR – Pencalonan dekan fakultas ilmu pendidikan (FIP) kali ini unik, karena hanya ada calon tunggal yang layak sesuai kriteria, yakni bapak Sulaiman. Hal itu disampaikan oleh bapak Mutjahidin, selaku Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Dekan FIP, di Aula Sultan Kadirun Lantai 3 (RKB-D), Universitas Trunojoyo Madura.

“Hanya satu yang memenuhi syarat. Salah satu persyaratan harus memenuhi fungsional lektor kepala. Itu yang tidak ada,” ujar dosen PGSD itu.

Dosen asal Lombok tersebut menjelaskan lebih lanjut, terkait jabatan fungsional yang harus dipenuhi baik oleh pimpinan universitas maupun pimpinan fakultas, yakni minimal lektor kepala dan maksimal profesor. Sementara untuk wakil dekan, minimal lektor. Secara urut, tingkatan tersebut antara lain asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan profesor.

Sementara itu, senat yang terdiri atas dosen pada setiap prodi memiliki otoritas dalam mengadakan rapat calon pemilihan dekan. Berbagai tahapan dilakukan melalui proses penjaringan balon (bakal calon), seleksi administrasi, verifikasi, dan penetapan calon dekan. 

Hari ini, 16 Oktober 2017, calon tunggal, bapak Sulaiman, menyampaikan visi misinya di Aula RKBD, dengan dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan dosen. “Setelah ini, senat akan mengadakan rapat tertutup, apakah calon dekan ini layak untuk diajukan ke rektor. Kalau senat mengatakan tidak layak, ya, tidak diajukan. Kalau menurut senat layak, nanti dikirim ke meja rektor, apakah calon yang diusulkan senat ini layak atau tidak. Semisal tidak ada calon, maka akan diproses lagi,” lanjut bapak Mutjahidin.

Berkaitan dengan pemilihan calon tunggal ini, FIP bukanlah satu-satunya fakultas yang memiliki satu calon dekan. Fakultas lain, yakni Fakultas Ilmu Keislaman (FIK), juga memiliki satu calon dekan. Berbeda dengan kedua fakultas tersebut, fakultas Pertanian memiliki banyak calon untuk diajukan. (GG)

1 komentar:

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm