Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Minggu, 27 Mei 2018

HIMAPIPA Selenggarakan OSPA Ke-2



Doc. PDD

       Bulan Ramadhan bukan menjadi alasan untuk malas-malasan. Sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan yang positif agar semangat berpuasa jadi lebih terasa. Hal itulah yang dilakukan mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Trunojoyo Madura.
       Himpunan Mahasiswa Pendidika IPA atau yang biasa dikenal HIMAPIPA terlihat sibuk menyiapkan acara mereka OSPA. OSPA merupakan Olimpiade Sains Pendidikan IPA yang dilaksanakan pada Sabtu, 26 Mei 2018 bertempat di Aula Gedung RKB-D.  “Optimalisasi potensi mewujudkan generasi yang unggul dan berprestasi” menjadi pilihan tema yang diusung.
   Kegiatan positif yang bertajuk perlombaan dalam bidang sains  meliputi Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Pembukaan OSPA dimulai pukul 07.30 WIB yang langsung berlanjut pada penempatan kelas masing-masing. Olimpiade sendiri dimulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB yang terbagi dalam tiga kelas. Tiap kelas berisi semua peserta bidang perlombaan.                     “Sistemnya diacak, jadi dalam satu kelas ada semua bidang perlombaan. Total peserta ada 99 peserta yang dibagi jadi tiga kelas”, tutur Oktaviana Damayanti Aji Putri selaku Ketua Pelaksana.
    OSPA boleh diikuti setiap mahasiswa aktif Pendidikan IPA yang berminat dengan syarat maksimal semester VI. “Semua mahasiswa IPA yang berminat boleh ikut kok, kecuali yang semester VIII karena takut terbebani dengan tugas skripsi mbak, hehe” ujar Oktaviana santai. Setiap peserta hanya diperkenankan memilih satu bidang pelajaran yang dilombakan, dan sifatnya perorangan (tidak berkelompok). 
     Tujuan olimpiade sains ini sebenarnya sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi ONMIPA (Olimpiade Nasional MIPA) dan OSN Pertamina. Maka dari itu nantinya akan dipilih 5 terbaik dari masing-masing bidang dan akan dibimbing secara langsung oleh dosen. OSPA tahun 2018 ini merupakan kegiatan yang telah terselenggara untuk kedua kali, sehingga penyebutannya memakai kata Second (OSPA²ND). “Mahasiswa terlihat antusias untuk tahun ini, dibuktikan dengan lebih banyak peserta dibanding OSPA tahun lalu. Semoga bermanfaat bagi peserta sendiri dan Prodi IPA tentunya”, pungkas Ketupel Oktaviana. (We)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm