Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Minggu, 22 Juli 2018

Mahasiswa PGSD Semester Dua Gelar KMD, Begini Respon Kepala Pusdiklat






Doc. Lpm Sinar



WARTA SINAR-Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar atau KMD adalah suatu kegiatan untuk membentuk seseorang menjadi pembina pramuka. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mewajibkan mahasiswanya mengikuti KMD. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan pada semester enam, untuk tahun ini pelaksanaan dilakukan pada semester dua sekaligus sebagai penilaian UAS Mata Kuliah Kepanduan.
            “Kalo masalah umur tidak menjadi masalah, yang terpenting cara penyerapannya dan teknis pelatih dalam menyampaikan.” Sambung Pak Samsul Kepala Pusdiklat Bangkalan.
            Kegiatan dengan tema Asah Pembina untuk Generasi Pembina yang Berkarakter, dibuka  pada hari Senin (16/7) di Gedung Cakra lantai satu. KMD tahun ini dibuka oleh dosen pengampu mata kuliah kepanduan. Peserta terdiri dari 154 perempuan dan 27 laki-laki. Sedangkan panitia terdiri dari perempuan 32 dan laki-laki 6.
            “Kegiatan KMD adalah acara dari kita dan untuk kita, berdasarkan semboyan pramuka,’ikhlas bhakti bina bangsa, berbudi bawa laksana’, hal itu yang  menjadi fondasi acara ini.” Ujar Rifa’i selaku ketua pelaksana.
            KMD tahun ini tidak hanya melulu diselenggarakan di dalam ruangan ber-ac. Namun juga dilakukan di luar ruangan, hal ini sesuai dengan ciri khas dari Pramuka.
            “Pelaksanaan pendidikan Pramuka di alam terbuka untuk membentuk keterampilan yang alami itu adalah ciri dari pramuka.” Ujar Pak Suparto selaku Kepala KMD.
            Kegiatan dilakukan selama 6 hari, dengan rincian 2 hari pembekalan materi, 1 hari praktek langsung ke SD terdekat, dan 3 hari berkemah di area Kampus. Materi dapat tersampaikan secara keseluruhan yang pelaksanaanya dilakukan di luar kelas.
            “Alhamdulillah hasil praktek ke SD hanya dengan dua hari pendalaman materi sudah mampu mengarahkan dan membimbing baik itu tingkatan siaga maupun penggalang.” Sambung Kepala Pusdiklat Bangkalan.
Pelaksanaan KMD berakhir pada hari sabtu (21/7) dengan pembacaan surat keputusan kelulusan dan penyampain kesan oleh Ketua Pusdiklat Bangkalan.
“100% lulus dilihat dari absensi, tes, praktek, keaktifan, dan yang paling utama ini adalah kursus, dimana tujuan utamanya belajar. Dari yang tidak tau menjadi tahu, walaupun dengan sarana seadanya.” Tambah Pak Samsul.
Kursus Mahir Dasar bukanlah suatu kegiatan yang membosankan dan  menegangkan. Ciri khas pramuka adalah banyak bermain dan bernyanyi namun terdapat unsur pendidikan.
“Sangat menyenangkan dan penuh kesan, saya kira disini akan dibentak-bentak, ternyata tidak. Bermain dan bernyanyi membuat materi enak untuk diserap.” Sambung Arista selaku peserta.
“Untuk tahun depan yang lebih diutamakan pembuatan proposal. Susunan acara harus dipastikan bagus, tertib, terprogram, dan terjadwal agar semua kegiatan berjalan dengan semestinya dan tidak tertunda-tunda.” Ungkap Kepala Pusdiklat Bangkalan.(Pit/Lut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm