Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar FIP Universitas Trunojoyo Madura

Senin, 27 Agustus 2018

5 PRODI FIP Selenggarakan OSPEK Serentak



Doc. Lpm Sinar


  (Warta-Sinar) Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau biasa disebut OSPEK adalah agenda wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa baru. Pembentukan karakter mahasiswa, proses adaptasi lingkungan kampus, pengenalan segala bentuk seluk beluk bangku kuliahan dan lain sebagainya dilakukan disini. Mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan ini baik dari tingkat Universitas, Fakultas hingga Prodi. Berbeda dengan tahun sebelumnya pelaksaan OSPEK program studi kali ini diselenggarakan dengan waktu yang bersamaan. Namun dengan tempat yang terpisah, mulai tanggal 25-26 Agustus 2018. 
    Pelepasan merpati dan balon hijau di pelataran gedung RKBA kemarin Sabtu (25/8)  menjadi penanda pembukaan KOMPASS 5. Acara yang dinaungi oleh HIMAPIPA ini dibuka oleh Wiwin Puspita selaku Pembina. Kegiatan yang mengambil tema “Membangkitkan Gemar Berkarya Demi Pendidikan IPA Jaya” ini diikuti 118 oleh mahasiswa baru.  
   “Sebenarnya makna dari balon hijau adalah lambang dari HIMAPIPA dan ditambah balon warna-warni dari panitia yang melambangkan Bhineka Tunggal Ika.” Ujar Fikri selaku ketua pelaksana.                 
     HMP Pendidikan Informatika melakukan OSPEK yang biasa disebut WINAMP (Wawasan Informatika Aksi Pendidikan) di Aula RKBD. Kegiatan yang diikuti oleh 119 mahasiswa baru ini mengangkat tema “Mencetak Generasi Emas”. Ditemui di RKBD lantai 3 ketua pelaksana menyebut tujuan dipilihnya tema tersebut ialah agar mahasiswa baru nanti bisa mencetak prestasi dan keorganisasian secara bersamaan. 
   “Temanya sendiri Mencetak Generasi Emas, sebenarnya ada 2 tahapan dalam tema ini. Pertama mencetak prestasi dan yang kedua adalah mencetak keorganisasian. Jadi kedua hal itu diharap dapat terbentuk dalam diri MABA dengan beriringan”. Pungkas Amrul selaku ketua pelaksana.
       Di tempat terpisah KOMPAS V (Kegiatan Orientasi Mahasiswa Pendidikan Guru Usia Emas) yang diselenggarakan oleh HMP-PG PAUD resmi dibuka sabtu (25/8) kemarin. Acara ini mengusung tema “Membangun Generasi Cerdas dan Berkarakter di Jaman Now”. Pembukaan dilakukan oleh Korprodi PG PAUD dengan pelepasan balon sebagai simbol, setelah sehari sebelumnya telah dilakukannya pra-ospek. Acara ini diikuti oleh 94 mahasiswa baru yang keseluruhan merupakan kaum hawa, serta 66 panitia yang berasal dari HMP, open recruitment, serta kontribusi dari senior.
   “Kami berharap mahasiswa prodi PG PAUD yang sekarang bisa menjadi pendidik yang tangguh, kreatif serta fleksibel terhadap perubahan jaman,dan tanpa melupakan sisi karakter khas mahasiswa yaitu kritis”, terang Maulida Triska Reviana Putri, selaku ketua pelaksana. 
   OMPUTRA atau Orientasi Mahasiswa PGSD adalah salah satu kegiatan pengenalan kehidupan kampus, tepatnya dilakukan oleh program studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo, Madura. Sebanyak 197 mahasiswa baru PGSD terdaftar mengikuti kegiatan tersebut, dengan dibantu 75 panitia yang terdiri dari mahasiswa PGSD dan demisioner. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 25 dengan pemotongan pita dan pemasangan ID Card Mahasiswa Baru oleh Korprodi PGSD yang bertempat di GSC. Tema kegiatan yang diambil panitia adalah yakni generasi yang berjiwa KSATRIA.
   “Solidaritas adalah kunci utama dari prodi PGSD, makna kekeluargaan yang baik adalah saat salah satu anggota sakit, maka anggota lainnya pun juga ikut merasakan. Tolong menolong antar sesama dan turut memajukan prodi adalah tujuan khusus dari kegiatan ini dilaksanakan.” Tutur Meidika selaku ketua pelaksana.
     PARODI-5 (Pengenalan Program Studi) dilakukan pada hari Sabtu (26/8) pada pukul 07.30 di depan gedung RKBD. Kegiatan ini mengusung tema "Internalisasi Jiwa Kemahasiswaan" yang dibuka langsung oleh Korprodi PBI. Pembukaan diikuti oleh 113 mahasiswa baru pendidikan Bahasa Indonesia. Pembukaan dilakukan dengan menampilkan tarian Muangsangkal dan pelepasan balon. 
      “PARODI tahun ini agak sedikit berbeda. Pembukaan menampilkan tarian Muangsangkal dan pelepasan balon sebagai hiburan dan simbolisasi. Selain itu, pelaksanaannya di gedung asrama UTM. Sehingga, setiap kegiatan yang disesuaikan dengan jam asrama dan kegiatan asrama.” Ungkap Fahri sebagai Ketua pelaksana. (All)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm