Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Senin, 01 Oktober 2018

Pekan Olimpiade Matematika IPA (POMPA) 2


    

(Doc.Lpmsinar)



   (WARTA-SINAR)Jika gedung RKB-D biasanya disibukkan dengan riuhnya mahasiswa, maka berbeda dari yang terlihat hari Minggu lalu (30/09). Sekelompok anak-anak SD berseragam lengkap sedang sibuk mengikuti olimpiade yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UTM. Diketahui bahwa kegiatan tersebut bertajuk POMPA 2 atau Pekan Olimpiade Matematika-IPA se-Madura tingkat SD/MI sederajat, yang mengangkat tema "Bersama membangun pendidikan Madura menjadi generasi EKSIS (edukatif, kompetitif, sportif dan smart)”.
      POMPA 2 ini dilaksanakan mulai dengan pendaftaran 3 Agustus - 9 September 2018 dengan total peserta sebanyak 193 siswa dari empat Kabupaten di Madura. Kemudian babak seleksi diadakan pada tanggal 23 September 2018 yang bertempat di beberapa rayon, yakni SMAN 2 Bangkalan (Rayon Bangkalan), SMAN 1 Sampang (Rayon Sampang), SMAN 2 Pamekasan (Rayon Pamekasan) dan SMAN 2 Sumenep (Rayon Sumenep). Hingga pelaksanaan babak final, yang dimulai dari Tahap Registrasi pukul 08.00 WIB, dilanjutkan pukul 09.30-11.30 WIB sebagai Tahap Pengerjaan Soal, dan pukul 12.00-14.00 WIB pengumuman juara sekaligus penutupan acara POMPA 2. Pada tahap pengerjaan soal, siswa dibagi menjadi 10 kelompok di tiap kelas, sehingga 5 ruang kelas di gedung RKB-D digunakan sebagai tempat olimpiade.
     Penyebaran informasi terkait olimpiade cukup tersebar merata dengan memanfaatkan mahasiswa PGSD sendiri sebagai penanggungjawabnya sehingga dapat berjalan dengan baik.
   "Kami memanfaatkan teman-teman panitia sendiri yang memang dari berbagai kalangan dan tempat tinggal, baik itu dari Bangkalan sampai Sumenep. Tak luput juga perizinan dari Dinas Pendidikan setempat dan juga dari Kemenag sehingga dapat dimudahkan," ujar Silvi Anggraeni Septianti, selaku Ketua Pelaksana.
     Silvi pun mengakui bahwa antusias siswa yang mengikuti POMPA 2 ini cenderung menurun dibandingkan POMPA 1 di tahun sebelumnya, dikarenakan bertepatan dengan event yang juga diadakan oleh kampus lain seperti Universitas Surabaya. Namun hal tersebut tidak melunturkan semangat dari salah satu siswa yang mendapat juara.
     "Saya senang dan merasa bangga dengan adanya lomba ini, meski berangkat dari Pamekasan jam satu malam alhamdulillah bisa juara" ujar Nanang Chosin, Juara Harapan 3 dari SDN Konang 2, Pamekasan.
     Adapun juara lainnya antara lain; 1) Qurrotun Aini  SDN Kraton 5 dengan nilai 59; 2) Naufal Maulana  SDN Demangan 1 dengan nilai 49; 3) Daffa Rizkillah Akbar Setia Budi  SDN Demangan 1 dengan nilai 47,5; 4) Qonita Aulia Putri  SDN Pejagan 5 dengan nilai 47; 5) Alya Nayla Salma  SDIT Al- Hidayah dengan nilai 42,5; 6) Nanang Chosin Maulidin  SDN Konang 2 dengan nilai 41. Ke enam juara tersebut berhasil mengerjakan soal yang telah disediakan pihak panitia dengan baik dan benar. (We/Lut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm