Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar FIP Universitas Trunojoyo Madura

Sabtu, 26 Oktober 2019

Pelatihan Calon Legislator Masa Depan

Pelatihan Calon Legislator Masa Depan

Doc.LPMSinar
            Warta Sinar Sabtu, 26 Oktober 2019 Dewan Perwakilan Mahasiswa  Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan acara kegiatan KOLEGTIF yang merupakan singkatan dari “Kelas Orientasi Legislatif” yang bertema “Menumbuhkan Jiwa Legislator Yang Berwawasan Demokratis, Aspiratif, Solutif, dan Profesional” dimana dalam kegiatan tersebut berisi  talkshow, serta berisi seputar materi kelegislatifan yang mencakup legal drafting (perancangan hukum), pembuatan UU, analisis sosial, teknik persidangan, budgeting (keungan) dimana dalam budgeting ini mengatur tata cara laporan penanggung jawab (LPJ) dengan baik.

            Kegiatan KOLEGTIF atau “Kelas Orientasi Legislatif” ini sendiri dilaksankan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 26-27 oktober 2019. Bertempat di Gedung Rektorat lantai 2. Serangkaian acara pada hari Sabtu dimulai pukul 07.00-09.45 WIB untuk pembukaanya di ruang 201, kemudian untuk selanjutnya dilanjutkan materi pelatihan yang di isi oleh dua pemateri di ruang 202 sampai dengan pukul 14.30 WIB. Pada  hari Minggu melanjutkan materi pelatihan yang di isi oleh empat pemateri dimulai pada pukul 07.00 sampai dengan 19.30 WIB. Untuk pemateri sendiri diambil dari keahlian dalam bidangnya masing-masing mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten, serta dari Wakil Dekan fakultas hukum. Untuk kegiatan pelatihan ini dibuka untuk umum, dengan HTM mulai dari 60.000 rupiah khusus untuk mahasiswa fakultas ilmu pendidikan, kemudian 70.000 rupiah untuk mahasiswa luar fakuktas ilmu pendidikan, dan 110.000 rupiah untuk umum.
            Kegiatan pelatihan Kelas Orientasi Legislatif yang di adakan oleh DPM-FIP ini di ikuti oleh peserta dari Mahasiswa ilmu pendidikan itu sendiri dengan jumlah kurang lebih 40 peserta, kemudian juga mengundang perwakilan dari berbagai UKM yang ada di fakultas ilmu pendidikan. Acara KOLEGTIF atau “Kelas Orientasi Legislatif” merupakan acara rutinan dari setiap tahunnya yang diadakan oleh DPM-FIP. Dengan diadakan acara ini diharapkan bagi Dewan Perwakilan Mahasiswa untuk lebih meningkatkan ilmunya yang setiap tahun berbeda terlebih tentang kelegislatifan.

            “Besar harapan kami dari kegiatan ini, bahwasannya untuk teman-teman mahasiswa khususnya sebagai salah satu trifungsi mahasiswa, sebegai generasi penerus bangsa, jika ingin melanjutkan menjadi seorang dewan kita juga harus memahami ilmunya. Maka dari itu kita mengadakan pelatihan bagi teman-teman mahasiswa, disamping membuat kegiatan istilahnya kita juga mendapat ilmu khusunya dalam bidang kelegislatifan” Ungkap Ketua Pelaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm