Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Sabtu, 24 Oktober 2015

Musikalisasi Puisi sebagai Penghujung Acara PSPS

SinarNews - Keragaman bahasa dan sastra di Indonesia menjadi kekayaan yang tidak ternilai harganya. Universitas Trunojoyo Madura tepatnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) menyelenggarakan kegiatan pekan seni pelajar se-Madura atau yang disingkat dengan PSPS. PSPS ini merupakan serangkaian kegiatan bulan bahasa, sebab dua acara yang meriah ini terjadi secara bersamaan tepat dimoment bulan Oktober. Bulan bahasa sendiri merupakan kegiatan kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang secara rutin dilaksanakan setiap bulan Oktober sebagai bulan lahirnya Sumpah Pemuda oleh Pusat Bahasa dan lembaga pendidikan yang memiliki jurusan bahasa Indonesia serta instansi yang relevan dengan pembinaan dan pengembangan bahasa. Kegiatan PSPS ini berakhir dengan penampilan musikalisasi yang menjadikan antusiasme para penonton lainnya terpukau (11/10). Awal kegiatan PSPS ini ditandai dengan lomba baca puisi dan berlanjut pada pidato yang keduanya telah terlaksana 2 hari yang lalu. 
Pemenang lomba musikalisasi puisi se-Madura ini untuk kategori terbaik I, II, dan III akan mendapatkan tropi, uang pembinaan dan sertifikat yang akan diumumkan bertepatan puncak acara bulan bahasa yang diselenggarakan pada tanggal 25 Oktober di Gedung Cakra UTM yang nantinya akan dilaksanakan pagi”. Ujar Helmi selaku ketua pelaksana bulan bahasa. Selain pengumuman dari serangkaian lomba yang telah diselenggarakan, ada beberapa penampilan yang akan dibawakan oleh masing-masing kelas prodi PBSI atau tamu undangan. Tidak hanya itu duta bahasa juga akan ikut memeriahkan acara penutupan lomba bulan bahasa tersebut.
Peserta lomba memiliki konsep yang berbeda-beda. Baik dari segi busana, alat musik yang digunakan bahkan konsep pembacaan musikalisasi puisi. Salah satu peserta musikalisasi puisi ini adalah siswa dari SMAN 1 Kamal. Peserta ini memilih kostum hitam putih sebab puisi yang dibawakan berjudul karawang bekasi karya Chairil Anwar. Saat dikonfimasi kepada guru bahasa Indonesia, beliau mengungkapkan bahwa grup musikalisasi ini baru dibentuk “Ya bisa dibilang dadakan” saya berharap anak-anak mampu mengembangkan potensi mereka dengan diadakan acara ini”. ujar bu Yayuk. Kegiatan pada pagi hari itu dirasa kurang kondusif, dikarenakan 22 undangan yang disebar hanya 3 delegasi yang hadir pada acara tersebut. Harapan juri PSPS Pak Salamet Wahedi bahwasannya setelah acara ini diharapkan prodi PBSI dapat membangun link yang kedepannya dapat mewujudkan Prodi PBSI ini lebih dikenal oleh masyarkat. Selain itu, agar ketika mahasiswa prodi PBSI lulus dari UTM dapat dipercaya langsung oleh masyarakat dengan SDM yang mampu bersaing di MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). (Jeng/Rin/lpmsinar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm