Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Senin, 26 September 2016

Calon Guru Harus Mahir Berbahasa Inggris

Suasana ketika English Week Berlangsung Di Gedung Cakra (Ria)
Kabar Kampus – Pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Bahasa Inggris memiliki peranan penting, khususnya bagi pemuda Indonesia agar bisa bersaing dengan bangsa-bangsa se-Asia Tenggara. Itulah yang dikatakan oleh Anis, Ketua Pelaksana (Ketupel) english week, pada 25 September 2016 di gedung Cakra Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

English week merupakan salah satu kegiatan wajib diikuti mahasiswa baru Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), UTM. Kegiatan ini kali pertama diselenggarakan pada 2016. Sebelumnya, ada kegiatan serupa yang dinamakan dengan english month. Jika english month dilaksanakan selama satu bulan, maka english week hanya satu minggu.

“Pinginnya satu bulan full, tapi karena ada berbagai macam kesibukan dan demi efesiensi waktu, pengajaran hanya dilaksanakan selama empat hari,” ucap Anis. Kegiatan yang dilakukan antara lain bimbingan materi introduction (perkenalan), description (deskripsi), recount text (menceritakan teks), dan telling story (menceritakan cerita). Kegiatan itu dilaksanakan di gedung RKB-D, dimulai pukul setengah delapan hingga setengah sepuluh malam.

Dalam pelaksanaannya, english week mendapat tanggapan positif bagi mahasiswa baru. “Di sini kami mendapatkan keseruan tersendiri,” Tutur Khusnul, mahasiswa baru PGSD 2016. Selama pengajaran, peserta dibimbing oleh mentor terdiri atas 14 mahasiswa yang tergabung dalam excellent, dan 2 mahasiswa dari luar excellent. “Mentornya kami kira dosen, ternyata adalah kakak (mahasiswa, Red). Tapi meskipun kakak, bisa menggantikan dosennya, menjelaskan bagaimana salam dan deskripsi dalam bahasa Inggris,” tambahnya.

Kegiatan ini dinilai mampu memotivasi mahasiswa untuk berminat terhadap bahasa Inggris. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Vian, salah satu peserta english week. “Saya yang sebelumnya gak suka bahasa Inggris, jadi semangat,” tandasnya. Kendati demikian, Anis selaku Ketupel berharap english week tetap dilaksanakan tahun depan. Selain bertujuan untuk memotivasi mahasiswa baru, diadakannya kembali english week juga dimanfaatkan bagi mahasiswa yang tahun ini tidak mengikuti kegiatan yang gratis ini. “Tapi tentunya, jika tahun depan english week tetap dilaksanakan karena gubernurnya ganti,” ucapnya.


Puncak acara english week berlangsung di gedung Cakra UTM pada 25 September 2016, diramaikan dengan penampilan bakat-minat mahasiswa baru setiap prodi, dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba selama satu minggu kegiatan berlangsung. Mahasiswa baru menyambut malam inaugurasi tersebut dengan antusias. (Ria/ Gih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm