Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Jumat, 09 Oktober 2015

Sarjana dan Harapan Bangsa

Perguruan tinggi merupakan pendidikan terakhir yang ditempuh . Setelah lulus dari SMA. Menempuh jenjang pendidikan tinggi. lagi demi meraih gelar “sarjana”. Bukan sarjana yang hanya eksistensinya kaum intelek, tetapi sarjana yang mampu menciptakan iklim baru dilingkup tataran masyarakat pada umumnya. Sebagai seorang insane akademisi “mahasiswa” tentu sangat berbeda sekali dengan mereka-mereka yang tidak mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Pemikiran mahasiswa haruslah lebih kritis dan lebih peka terhadap keadaan disekitarnya. Itu menjadi sangat riskan sekali jika seorang mahasiswa tidak mampu melakukankanya.
Kampus dituntut untuk mencetak sarjana-sarjana yang mempunyai daya intergritas yang tinggi mampu bersaing di dunia kerja. Setalah lulus dari jenjang perguruan tinggi sarjana akan dihadapkan realitas. Bagaimana cara kita untuk dapat bekerja, menyalurkan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan selama empat tahun dan mendapatkan yang sesuai dengan bidang yang diampuh Ketika telah tercetak sarjana-sarjana yang tidak mempunyai intergritas yang tinggi, kampus telah gagal dalam mengemban amanah sebagai pencetak sarjana yang berguna bagi dirinya dan masyarakat disekitarnya.
Ketika kita membaca dalam UUD 1945  alenia ke 4 yang berbunyi “ mencedaskan kehidupan bangsa dan turut serta dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”.  maka jelas sekali bahwa bangsa Indonesia ini mempunyai harapan yang sangat besar sekali kepada putra-putri bangsanya cerdas dan bisa mewujudkan cita-cita bangsanya. Ketika pahlawan dahulu membela Negara Indonesia lewat jalur perundingan dan pertempuran demi mencapai kemerdekaan. Maka sekarang adalah tugas sarjana yang meneruskan cita-cita pahlwan yang telah gugur, bukan dengan mengangkat bayonet lagi untuk mencapai kemerdekaan. Tetapi bagaimana sarjana-sarjana ini bisa berguna bagi masyarakat disekitarnya dan lebih universal lagi negaranya. Contoh yang sangat sederhana disini ketika ada 10000 sarjana yang telah dicetak oleh perguruan tinggi, dan yang 1000 mengadikan diri untuk menjadi sukarelawan mengajar di daerah-daerah terpencil atau mengajar anak-anak jalanan dan tidak mampu. Jelas akan membawa dampak yang sangat besar sekali bagi kemajuan bangsa.
Kampus mencetak manusia-manusia calon harapan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm