Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar FIP Universitas Trunojoyo Madura

Sabtu, 03 Juli 2021

Anda Pecinta Makanan Pedas? Ini Dia 5 Manfaat Yang Jarang Kamu Ketahui

 

Bagi para pecinta pedas, ternyata pedas bukan digolongkan termasuk kategori rasa lho. Jadi pedas itu berbeda dengan manis, asam, pahit, atau asin. Hal ini dijelaskan secara ilmiah dan dikutip dari CNN. Pedas berasal dari kata bahasa Inggris yaitu piquance, berarti suatu jenis ketajaman dan kesakitan yang khusus terhadap indra perasa. Seringkali ditemukan banyak orang yang melarang kita mengkonsumsi makanan pedas, namun berbahagialah kalian. Ternyata selain sebagai penambah rasa dan menggugah selera makan, penelitian menunjukkan bahwa sambal memiliki beragam dampak positif tersembunyi bagi kesehatan. Masih perlu diyakinkan? Berikut 5 alasan mengejutkan Anda mengapa makanan pedas baik untuk Anda. Simak baik – baik yuk!

1.      Bermanfaat bagi kekebalan tubuh

Makanan pedas dari senyawa capsaicin memiliki manfaat imunitas bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini dikatakan dapat menciptakan kekebalan bagi tubuh karena banyak mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin ini memiliki zat antioksidan yang berfungsi mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

2.      Dapat menurunkan berat badan

Penelitian mengungkapkan bahwa sensasi panas capsaicin dapat mendorong stimulasi lemak coklat yang mendorong kinerja metabolisme tubuh melonjak hingga 5%. Sehingga peningkatan kerja metabolisme tubuh dapat menghasilkan pembakaran lemak yang lebih optimal. Selain itu, makanan pedas juga membantu menekan nafsu makan dan menurunkan jumlah kalori yang anda makan. Tapi meraih berat badan ideal tidak bisa hanya dicapai dengan menghabiskan berpiring – piring sambal, namun juga dibarengi oleh olahraga rutin dan gaya hidup sehat yaa!

3.      Bisa menenangkan pikiran dan mengurangi stress

Apabila kamu mengalami hari yang berat, coba mengkonsumsi makanan pedas. Hal itu dikarenakan makanan pedas dapat meningkatkan level hormon endorfin dan serotonin dalam tubuh, sehingga makanan pedas bisa menjaga mood kamu hingga menjadi lega dan lebih tenang. Jadi, selama ada cabai selalu ucap “say no to stress!”.

4.      Makan pedas bisa bikin tidur nyenyak

Peneliti di Australia menyatakan orang yang suka makan pedas cenderung lebih mudah untuk tidur. Selain itu, mereka akan mudah bangun pagi dan lebih segar. Mungkin dikarenakan sudah lelah kepedesan, jadinya cepat tidur.

5.      Kesehatan jantung yang lebih baik

Adrenalin pasti rasanya terpacu banget kan kalau makan pedas. Jadi tambah semangat dan bisa keringetan bikin makanan lebih nikmat. Fakta ini ada penjelasan ilmiahnya dengan efek makanan pedas baik untuk kesehatan jantung. Makanan pedas mengurangi efek kolesterol jahat dan zat capsaicin berguna melawan anti-inflamasi. Sedangkan anti-inflamasi sendiri merupakan faktor resiko dari penyakit jantung.

Kalau sudah menjadi pecinta makanan pedas, jangan sampai berlebihan banget yaa makan pedasnya. Sesuatu yang berlebihan juga tidak sehat. Pada intinya apapun jika dikonsumsi dengan berlebihan pasti akan memberikan dampak yang tidak baik. Untuk itu, perlu bagi kita untuk berlaku bijaksana dalam mengkonsumsi sesuatu.

 

Uf (LPM Sinar, 3 Juli 2021)

 

 

2 komentar:

  1. very nice information. Thanks for sharing- ak blog.

    BalasHapus
  2. This information is so useful. I read the whole post and I see that it's a meaningful time period when I can access helpful information. In addition, do you have any Infor about shell shockers. It's great if you can provide for me some details about it.

    BalasHapus

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm