Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar FIP Universitas Trunojoyo Madura

Sabtu, 31 Juli 2021

Dua Prodi FIP Wajibkan Mahasiswa Ikuti Program Asistensi Mengajar



Warta Sinar – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) khususnya Program Studi  Pendidikan IPA (PIPA) dan Pendidikan Informatika (PIF) menyambut kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan menerapkan program asistensi mengajar. Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan IPA di tingkat SMP  sedangkan Prodi Pendidikan Infomatika ditingkat SMK/SMA/MA.

Mukhlis Tahir selaku koordinator asistensi mengajar Program Studi Pendidikan Informatika dalam wawancara via WhatsApp (31/7), mengungkapkan tujuan dilaksanakan asistensi mengajar adalah untuk dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pendidikan untuk memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru pendamping di satuan pendidikan yang tersebar di masyarakat.

"Tujuan dari program ini yaitu memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pendidikan untuk turut serta membelajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru/fasilitator/tutor/pelatih/pendamping program di satuan pendidikan yang tersebar di masyarakat. Selain itu juga mahasiswa dapat membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan Ipteks." Ujarnya dalam wawancara bersama kami via WhatsApp (31/7).

Sementara itu, menurut Maria Sutarja, koordinator asistensi mengajar Prodi Pendidikan IPA mengatakan bahwa kegiatan ini diwajibkan untuk mahasiswa semester tujuh yang belum pernah mengikuti Kampus Mengajar dan tidak sedang mengikuti program magang penelitian MBKM.

“Program ini diwajibkan, untuk semester tujuh karena kami tidak membuka program PLP2. Mahasiswa tidak bisa mengikuti pertukaran mahasiswa, karena mereka sedang menempuh program asistensi mengajar (asmen), yang konversinya sebesar 20 SKS. Selain itu tidak memungkinkan untuk dilaksanakan bersamaan, SKS mahasiswa juga sudah mencukupi (bahkan lebih dari batas minimal jumlah SKS untuk lulus S1).” Ungkap Maria Sutarja dalam wawancara via WhatsApp (31/7).

Walaupun terkesan mendadak, banyak persiapan yang telah dilakukan oleh kedua program studi, mulai dari pengarahan dan sosialisasi kepada mahasiswa, serta pengajuan surat pengantar sekolah mitra tujuan.

“Adapun persiapan yang dilakukan oleh dosen yakni penyusunan kurikulum, memutuskan mata kuliah yang dikoversi sebanyak 20 SKS antara lain PLP 2, Mata Kuliah Kewirausahaan, dan KKN, penyusunan panduan, mekanisme pendaftaran, mekanisme perizinan sekolah dll. Program ini akan dilaksanakan kembali untuk tahun mendatang pada prodi Pendidika Informatika (PIF) sedangkan untuk Pendidikan IPA bergantung dengan kebijakan pimpinan universitas dan fakultas.” Ujar Maria Sutarja.

Kebijakan ini sempat mengalami kendala. Hal itu diungkapkan oleh Dani, mahasiswa PIF mengeluhkan adanya program ini, “Tentunya banyak sekali kendala mulai dari surat menyurat hingga deadline yang terus bergeser” Ujarnya dalam wawancara bersama kami via Whatsapp (31/7).

Lebih lanjut, mahasiswa semester tujuh itu juga menjelaskan bahwa pandemi menyebabkan masalah lain ketika program ini diluncurkan seperti pada saat perizinan harus dilakukan mandiri oleh mahasiswa. Akibat pandemi, banyak mahasiswa yang tidak bisa mengikuti KKN dan sisa mata kuliah.

Kendati memiliki kendala, program ini memiliki sisi positif di tengah pembelajaran daring seperti ini. Dengan adanya asistensi mengajar, mahasiswa dapat merasakan kembali pengalaman mengajar seperti pada saat sebelum pandemi.

“Sebenarnya kesulitannya bukan karena ini yang pertama kali, tetapi karena kita sedang dalam kondisi pandemi, sehingga terkait perizinan mahasiswa harus lebih mandiri. Terkesan sulit, tapi bisa dilalui. Manfaatnya pun kembali ke diri mahasiswa masing-masing. Ada banyak hal yang tidak didapatkan di kelas perkuliahan, akan didapatkan oleh mahasiswa, ketika menjalani asistensi mengajar ini. Bukankah itu yang paling penting untuk terjun sebagai masyarakat, umumnya, dan sebagai guru, khususnya” Imbuh Maria Sutarja.

Lucky salah satu mahasiswa Program Studi  Pendidikan IPA menyambut baik program asistensi mengajar ini. Menurutnya program ini bagus untuk mengasah kemampuan serta menambah relasi mahasiswa dengan sekolah sekitar. Lucky juga berharap pihak mahasiswa serius dalam melaksanakan Program asistensi mengajar ini, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga tidak lepas tangan.

“Program ini bagus untuk diterapkan. Untuk mengasah mental dan kemampuan mahasiswa dilapangan. Meskipun dalam kondisi daring program ini juga bisa menambah relasi mahasiswa dengan sekolah sekitar tempat tinggalnya untuk jangka panjang. Dan kalau menurut saya tidak masalah jika tidak ada pemberian dana atau uang saku. Program-program yang tidak menggunakan uang juga banyak seperti pelatihan. Harapannya sih dari pihak mahasiswa serius dalam melaksanakannya, dan DPL juga tidak lepas tangan.” Tambahnya dalam wawancara bersama kami via WhatsApp (31/7).(Mrs/Li)

 

 

 

 


12 komentar:

  1. very nice information. Thanks for sharing- ak blog.

    BalasHapus
  2. Find the complete
    Family tree maker free online
    Software Support the beginning of the genealogy Family, Tree Maker Software for Android and Mac Users has given users, the advantage of keeping track of information gathered when doing research and collecting data through reports, charts, or books. bn One can easily exhibit one's family story with images, historical documents, audio, and even video content using this method. This can be digitally passed down to many ages as a legacy. Download Family Tree Maker Software now to start creating a legacy that will last a lifetime.

    BalasHapus
  3. Genealogy MakerDiscover Your Family Story With Family Tree Maker! The accessible rendition with the FTM clients is FTM 2019 working for both Mac and Windows. Genealogical record Maker 2019 The delivery year of FTM Software is 1989 and it's been practiced for a long time from that point forward. Today, FTM remains the World's Favorite Genealogy Software. FTM is making it a lot simpler than at any other time to find your family ancestry, protect your inheritance, and offer your extraordinary legacy. This software is still a sensation because of its user-friendly feature that allows the user to easily build your family history with simple navigation, tree-building tools, and built-in Web searching.Family tree maker 2019 Download

    BalasHapus
  4. For a surprisingly long time, Family tree maker 2021 has been the world's cherished parentage programming working on it than at another opportunity to find your family story, save your heritage, and arrange your unique legacy. In the event that you're new to the family legacy, you'll see the value in how this typical program licenses you really to encourage your genealogical record with the fundamental course, tree-building mechanical gatherings, and working with Web looking. Assuming you're now an informed authority, you can plunge into the further advanced highlights, choices for coordinating information, and a wide assortment of charts and reports.

    BalasHapus
  5. fnf mods A fun gaming website for those who need to decompress but have nothing to do online.

    BalasHapus
  6. Very nice post here. Thanks for it. I always like and such a super content of these posts. Excellent idea and great content of different kinds of the valuable information's. Visit for Buy Positive Google Reviews service.

    BalasHapus
  7. Aw, this was a really nice post! I would like to thank you for the efforts you’ve put in writing this site. Best of luck for the next! Please visit my web site Ninjabyte.com.au BestIT Support Glenfield Nswservice provider.

    BalasHapus
  8. I appreciate your efforts of writing this informative article and I found exactly what I was looking for. So helpful and useful article. You can also visit my website of Dentists in Selby

    BalasHapus
  9. Thanks for sharing superb informations. I’m impressed by the details that you’ve on this site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this web page, will come back for extra articles.Please visit my web site Hansidogfoods.co.uk BestNatural Dog Food Wales.

    BalasHapus
  10. My brother recommended I might like this web site. He was entirely right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this info! Thanks! Please visit my web site littlebonebroth.co.nz. Best Best Beef Stock To Buy service provider.

    BalasHapus
  11. This initiative by Warta Sinar and the Faculty of Education is truly commendable. Implementing teaching assistance under the Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) curriculum reflects a commitment to enriching students' educational experience. Kudos to the coordinators Mukhlis Tahir and Maria Sutarja for their dedication to enhancing the quality and relevance of education, even amid challenges. Despite the hurdles mentioned by Dani, the positive impact of this program on student learning experiences during these online times is evident and praiseworthy. Lawyer for Driving Without License In New Jersey

    BalasHapus
  12. Join our esports and games community together, we provide top up diamond Mobile Legends, UC PUBG Mobile etcTomy Store

    BalasHapus

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm