Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Sabtu, 24 Oktober 2015

HIMAPIPA Kembangkan Potensi Siswa SMA Melalui (LKTI)

Pengumuman Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah se SMA di Madura
Warta Sinar- UTM Himpunan mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (HIMAPIPA) hari ini (24/10) menyelenggarakan acara finalisasi lomba karya tulis ilmiah (LKTI) untuk siswa SMA se Madura yang berlansung di Gedung Aula Ruang Kulia Bersama D. Lomba LKTI ini di ikuti 25 tim dari keseluruhan SMA di Madura yang mendaftar di (HIMAPIPA)  namun hari ini adalah proses final dari lomba (LKTI) yang menyisakan 10 tim yang mempresentasikan karya tulis mereka, setiap tim terdiri dari tiga siswa. Sebelumnya pendaftaran LKTI ini di buka sejak bulan Juli sampai September dengan bukti pengumpulan Karya Tulis Ilmiah. Karya Tulis Ilmiah yang sudah dikumpulkan tersebut selanjutnya diseleksi, untuk karya tulis yang lolos penyeleksian harus dipresentasikan di Kampus Universitas Trunojo Madura.  Acara ini merupakan  kali pertama di adakan oleh (HIMAPIPA) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
“LKTI ini merupakan ajang publikasi dari Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam ke masyarakat umum, serta tentunya melalui LKTI ini juga berharap agar pengembangan kreativitas siswa SMA di Madura untuk menggali potensi yang berada di Madura, serta pengembangan yang tidak hanya berkutat pada pembelajaran sehari-hari melainkan implementasi real dari hasil belajar”  tutur Arum Kisma Wardani selaku Ketua Pelaksana LKTI siswa SMA se Madura.
Pada penilaian LKTI ini didasarkan pada presentasi hasil karya tulis mereka, apakah sudah sesuai dengan apa yang tuliskan, dan kemampuan mempresentasikan dengan baik di depan dewan juri. Sigit salah satu Dosen yang menjadi dewan juri di LKTI menuturkan bahwa ke depannya nantinya setelah LKTI ini diharapkan siswa SMA dapat mengimplementasikan karya mereka setidaknya di lingkup paling kecil sekolah, atau sampai di masyarakat umum.
Penyelenggaran LKTI ini setelah pengumuman pemenang (HIMAPIPA) belum terfikirkan untuk bimbingan yang lebih intens pada pemenang lomba untuk mengembangkan Karya Tulis Ilmiah mereka, (HIMAPIPA)  hanya sebatas menyelenggarakan lomba dan selesai. Namun tentunya dari LKTI ini banyak yang dapat dipetik sebagai pelajaran buat anak-anak SMA, dari penggalaman menulis yang dimulai sejak SMA dan pengalaman untuk presentasi karya tulis mereka.
Tema LKTI yang di usung oleh (HIMAPIPA)   kali ini adalah “Aktualisasi Potensi Generasi Madura Menuju Indonesia emas”. Proses LKTI berlangsung begitu sengit, seluruh tim yang masuk dalam final berebut untuk Menjadi juara, mereka memaparkan karya mereka dengan lugas, beberapa properti seperti media pun turut dipakai demi hasil yang maksimal. Salah satunya adalah SMA Muhammadiyah 1 Sumenep yang memperoleh juara 1 ini mengembangkan judul “Pemanfaatan limbah cangkang telur dan botol plastik sebagai campuran pembuatan tepung gypsum”. Mereka memaparkan hasil Karya Tulis Ilmiah dengan baik sehinggah terpilih menjadi juara.(yog, rin, jeng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm