Selamat Datang di Situs Lembaga Pers Mahasiswa Sinar_FkipUtm

Selasa, 22 Agustus 2017

Poster IV FIP Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Maba




Foto: Dok. HPD Poster FIP


Warta Sinar — Pekan Orientasi Studi Terpadu Fakultas Ilmu Pendidikan (POSTER FIP) adalah bentuk penyambutan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Pendidikan yang dilaksanakan mulai hari ini (22/8) dan akan berakhir pada (24/8). Acara dibuka pukul 08.00 WIB oleh Dekan FIP Bapak Sulaiman bertempat di lapangan Universitas Trunojoyo Madura, yang disimbolkan dengan menerbangkan enam ekor burung merpati. 

“Lima burung merpati diberi pita sesuai warna prodi di FIP, sedangkan satu ekor untuk Bapak Dekan,” ujar Fadol Ilul, ketua pelaksana kegiatan. Sedangkan untuk makna pelepasan burung ialah agar mahasiswa baru nantinya bisa mengembangkan potensi diri mereka dalam mencari ilmu di tingkat universitas secara mandiri.

Tak hanya itu, kegiatan POSTER IV difokuskan pada pendidikan karakter yang wajib dimiliki setiap mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Pendidikan. Oleh karena itu, tema yang dibentuk panitia ialah “Membentuk Pendidik yang Berkarakter, Toleran, Inovatif, Kritis, serta Menjunjung Tinggi Solidaritas yang Berlandaskan Pancasila”. 

“Materi hari ini pun tentang pendidikan karakter yang langsung dipandu oleh Bapak Arifin, mantan Rektor UTM,” ungkap Fitroh, panitia kegiatan. Dalam pemaparannya tentang pendidikan karakter, Bapak Arifin menyebutkan bahwa jiwa yang berkarakter tidak hanya bagi diri mahasiswa, melainkan juga kelak saat menjadi guru, orang tua, maupun sosok manusia yang berkarakter dan memiliki jiwa sosial yang baik.

Sayangnya, tak ada gading yang tak retak. Selama kegiatan berlangsung, banyaknya mahasiswa baru yang sakit dan tumbang membuat panitia kewalahan. Pasalnya, faktor utama terletak pada kurangnya istirahat dan kondisi tubuh mahasiswa baru yang memang kurang bagus. Namun, panitia sudah mengantisispasi sedari awal, dan bekerja sama dengan salah satu puskesmas setempat agar memudahkan mahasiswa baru yang membutuhkan pananganan serius. “Meski banyak yang tumbang, itu tidak berdampak bagi jalannya acara kami,” tambah Fitroh. 

Menurutnya, mahasiswa baru wajib dididik karakternya di awal agar paham benar mengenai kehidupan kampus seorang mahasiswa. Perubahan status siswa menjadi mahasiswa sedikit banyak memiliki pengaruh besar dalam pola pikir mahasiswa baru, dan itulah yang menjadi tolak ukur panitia dalam mengembangkan konsep acara yang berfokus pada moral, karakter, dan kedisiplinan. “Kalau dulu masih manja dan santai semasa sekolah, maka sudah saatnya ketika menjadi mahasiswa mereka wajib disiplin untuk diri mereka sendiri”, pungkasnya. 

Harapan untuk mahasiswa baru FIP agar jiwa dan moral mereka bisa terbentuk sebagai mahasiswa yang disiplin, berjiwa kritis, bermoral, dan aktif terhadap kehidupan mahasiswa. (Wky/Ald)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat Kami

Jln. Raya Telang - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura

Follow Us

Designed lpmsinar Published lpmsinar_fkipUtm